Naik 12,86%, MAP Aktif (MAPA) Raih Laba Rp 662,42 Miliar di Semester I-2025

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. PT MAP Aktif Adiperkasa Tbk (MAPA) berhasil menorehkan kinerja finansial yang mengesankan sepanjang periode semester I-2025. Capaian gemilang ini terlihat dari lonjakan signifikan pada laba bersih dan pendapatan penjualan perusahaan.

Berdasarkan laporan keuangan yang dirilis untuk semester I-2025, MAPA sukses membukukan laba bersih sebesar Rp 662,42 miliar. Angka ini menunjukkan peningkatan substansial sebesar 12,86% secara tahunan (YoY) dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya yang tercatat sebesar Rp 586,9 miliar. Kenaikan laba bersih ini turut mendongkrak laba per saham dasar perusahaan menjadi Rp 23, naik dari sebelumnya Rp 21.

Dari sisi pendapatan, kinerja top line MAPA juga menunjukkan pertumbuhan yang solid. Pendapatan perseroan mencapai Rp 8,79 triliun, meningkat 11,5% YoY dari periode yang sama tahun lalu yang sebesar Rp 7,88 triliun. Jika dirinci lebih lanjut, kontribusi terbesar terhadap pendapatan MAPA berasal dari penjualan eceran yang mencapai Rp 8,15 triliun. Selain itu, penjualan non-eceran turut menyumbang Rp 1,3 triliun, dengan biaya eliminasi sebesar Rp 663,23 miliar.

Mitra Adiperkasa (MAPI) Raup Laba Rp 960,92 Miliar pada Semester I-2025

Menanggapi capaian ini, Ratih D. Gianda, VP of Investor Relations, Corporate Communications, and Sustainability MAPA, mengungkapkan bahwa perseroan berhasil mempertahankan kinerja stabil di tengah tantangan makroekonomi yang terus berlanjut serta tren belanja konsumen yang kurang kondusif. Ratih menambahkan, meskipun periode puncak penjualan Lebaran telah bergeser ke bulan Maret, ketertarikan konsumen terhadap berbagai jenama utama tetap tinggi, didorong oleh meningkatnya tren gaya hidup aktif, khususnya selama libur sekolah pada Juni lalu.

Seiring dengan kinerja keuangan yang positif, MAPA juga proaktif melanjutkan inisiatif strategis penting, termasuk akuisisi VIVAIA di Thailand pada kuartal kedua. “Langkah ini mencerminkan komitmen Perusahaan dalam memahami dinamika pasar dan beradaptasi terhadap preferensi pelanggan,” jelas Ratih dalam keterangan resminya, Rabu (30/7/2025). Melalui pendekatan selektif terhadap kemitraan jenama, MAPA berupaya memperkuat portofolio produknya untuk selaras dengan minat konsumen yang terus berkembang pada produk alas kaki berorientasi berkelanjutan dan gaya hidup sehat.

Memasuki semester kedua tahun ini, PT MAP Aktif Adiperkasa Tbk (MAPA) akan terus fokus pada peningkatan efisiensi operasional. Hal ini akan diwujudkan melalui pengelolaan biaya dan inventory yang disiplin, seraya tetap memantau kinerja merek dan gerai secara seksama.

MAPA Chart by TradingView

“Kami melihat potensi jangka panjang yang besar di berbagai pasar dan tetap berkomitmen penuh untuk melayani pelanggan di mana pun mereka berada, sekaligus menciptakan nilai tambah yang berkelanjutan bagi seluruh pemangku kepentingan,” tutup Ratih, menegaskan visi jangka panjang perusahaan.